Rupanya Ini Proses Terjadinya Hujan Es di Jakarta


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pada Selasa (28/3/2017) kemarin, Jakarta diguyur hujan lebat bercampur butiran es. Warga pun sempat dibuat heboh dengan fenomena tersebut.

Walau cukup aneh, tapi sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah kenapa hujan es bisa terjadi. Berikut penjelasannya seperti yang dikutip dari Okezone.com.

Hujan es biasa diproses di awan Kumulonimbus (Cb) yang biasanya terletak di ketinggian sangat tinggi (5-10 km). Dengan ketinggian tersebut, uap air yang dibawa akan mengalami perubahan bentuk menjadi kristal es.

Oleh dorongan angin, kumpulan kristal angin bergabung satu per satu. Alhasil, mereka menjadi bongkahan es yang cukup besar. Karena bobotnya, bongkahan-bongkahan tersebut turun ke bumi.

Dalam perjalanan ke bumi, bongkahan es semakin mencair karena suhu bumi yang hangat. Namun, tidak semua bongkahan es mencair dan tetap sepenuhnya menjadi es dalam bentuk yang lebih kecil.

Dalam paparan BMKG, hujan es biasanya diawali dengan suhu yang terasa panas sehari sebelumnya. Hal itu diakibatkan adanya radiasi matahari yang cukup kuat.

Jangan lupa dengerin Break And Lunch (BAL) hari ini, Kamis (30/3/2017) di www.friendsradio.id barengan penyiar Nur Latifah dan Aldo mulai dari jam 11 sampai jam 1 siang nanti. Selain ngebahas tentang fenomena hujan es di Jakarta beberapa waktu lalu, bakal ada bahasan menarik lainnya juga lho. Stay tune ya!

Follow kami di:

Facebook: FriendsRadio

Twitter: @friendsradioid

Instagram: @friendsradio.id

Youtube: Friends Media

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Like it? Share with your friends!

0

Rupanya Ini Proses Terjadinya Hujan Es di Jakarta