Bosan Jadi Pegawai, Imanuddin Raih 15 Juta per Hari


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Menjadi seorang pegawai pastinya sangat melelahkan. Karena anda harus bekerja dengan orang lain dan anda juga jarang mendapatkan kenaikan gaji. Sama seperti yang dilakukan Imanuddin. Melalui penuturannya, Imanuddin mengatakan bahwa ia lelah bekerja dengan orang lain dan gaji pas-pasan. Sehingga hal itu mendorongnya membangun keluar dari pekerjaannya di perusahaan desain dan banting setir membangun usaha kuliner yaitu, berjualan mochi.

Pria asal Bandung ini juga mengatakan bahwa ia memilih menjadi seorang wirausahawan, karena sudah bosan jadi pegawai. Selain itu desain grafis di Bandung masih kurang dihargai. Dorangan kuatlah yang membuatnya membangun usahanya sendiri, walaupun beberapa bulan pertama ia belum memiliki bayangan mengenai usaha apa yang akan ia jalankan.

Baca juga: Menggenggam Peluang Bisnis Online

Setelah dua bulan akhirnya Imanuddin bisa mendapatkan ide usahanya dan usaha tersebutlah yang mengubah jalan hidupnya. Pada tahun 2012, ia mendapatkan inspirasi dari jajanan khas Bandung, cilok, yang dibawa oleh sang kakak saat ia sedang melamun. Dari sanalah ia merasa tertarik degan jajanan yang terbuat dari sagu menyerupai bakso dan ditaburi bumbu ataupun saos.

Imanuddin harus terus memutar otak dan mencari inovasi-inovasi baru agar penampilan dan penyajian cilok lebih menarik. Imam juga menuturkan bahwa ia terus mencari resep cilok, walaupun ia akhirnya mendapatkan resep saos cilok. Akan tetapi dari sana juga ia mendapatkan ide, dimana cilok dengan bumbu yang bermacam-macam. Dari segi pengelolahan, Imam mencoba segala macam terobosan yang unik. Jika biasanya cilok direbus terlebih dahulu lalu dikukus, Imam mengolahnya dengan cara dibakar. Hasilnya ia mendapatkan suatu inovasi produk yang dapat menggugah selera dan dapat di sajikan di restoran.

Hal tersebut ternyata tidak membuat Imanuddin cepat puas. Walaupun cilok sudah naik kelas. Jajanan asin tersebut rasanya masih kurang pas jika tidak disandingkan dengan sesuatu yang manis. Dengan mochi yang memiliki rasa manis dan cilok dengan rasa asin, Imam mengatakan itu sangat pas. Ia menambahkan bahwa hal tersebut sama seperti martabak, ada yang manis dan ada juga yang asin.

Baca juga: Inilah 10 Ide Bisnis Rumahan Modal Tipis

Usahanya ini ia berikan nama Mochilok. Yang merupakan singkatan dari Mochi dan Cilok. Setelah mendapatkan konsep usaha serta nama usaha, Imam pun tidak langsung memulai usahanya. Masih ada tantangan yang harus ia hadapi yaitu, ia masih tidak tahu resep pembuatann mochi. Resep yang sulit dicarilah yang membuat Imam tidak dapat langsung mewujudkan usahanya.

Bukannya mendapatkan resep, yang Imanuddin dapatkan ialah logo usahanya. Hal itu disebabkan karena ia sebelumnya pernah bekerja di perusahaan desain grafis. Logo tersebut kemudian ia jadikan sovenir dan ia bagikan secara cuma-cuma.

Seiring berjalannya aksi tersbut Imam terus berusaha keras mencari resep mochi yang pas. Setelah enam bulan dan melalui proses yang tidak mudah dan sering terjadi kegagalan, akhirnya isi mochi yang tadinya kacang merah, ia ganti dengan resep mochi dnegan isian es krim. Dengan keisengannya tersebut, ternyata hasil yang didapatkan cukup baik dan positif. Saat dibuka banyak sekali sambutan positif yang ia dapatkan.

Baca juga: Cara Jitu Atur Waktu Buat Bisnis Sampingan

Walau usaha suda berjalan, akan tetapi ia masih menemukan suatu kendala. Dengan modal utama sebesar 5 juta rupiah, rasanya masih kurang bagi Imanuddin. Ia pun terus mencari cari agar usahanya dapat berjalan secara efisien. Ia juga belajar pengemasan es krim mochi melalui perusahaan es krim yang mengirim es krim produksi mereka ke toko atau warung.

Saat ini Imanuddin sudah mendapatkan buah dari jerih payahnya selama ini. Ia mengakui bahwa ia bisa memproduksi 7.000 mochi dan cilok dalam sehari. Imam juga mengakui bahwa ia bisa mendapatkan omzet sebesar 15 juta perharinya. Sebagai pelopor, ternyata usahanya banyak ditiru oleh para pesaingnya. Akan tetapi Imanuddin tidak takut dan ia sudah siap mental untuk bersaing secara sehat dengan para pesaingnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Like it? Share with your friends!

0

Bosan Jadi Pegawai, Imanuddin Raih 15 Juta per Hari